/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/cursors/cur-11/cur1021.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/cursors/cur-11/cur1021.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */ Rotating X-Steel Pointer
Powered By Blogger

Selasa, 15 November 2016

Pengertian Belajar Efektif dan Tips Belajar Efektif

Belajar Efektif

Belajar efektif, ngomong-ngomong tentang belajar efektif. Pasti sobat tahu apa yang di maksud dengan belajar efektif?.. kalau sobat tidak tahu mari kita kupas bersama-sama apa yang di maksud dengan belajar efektif dan bagaimana cara agar bisa belajar secara efektif.

Pengertian belajar efektif,, efektif adalah tepat hasil jadi pengertian belajar efektif adalah cara belajar dengan sungguh – sungguh dan rutin untuk meraih sesuatu yang membanggakan yang dikaitkan dengan hasil pembelajaran di sekolah dan mencari materi di luar sekolah seperti internet, koran dan buku perpustakaan. Sehingga siswa dapat menjawab soal – soal dengan baik dan benar.

Cara belajar efektif,, tentunya sobat pernah mengeluh saat kita belajar.. kenapa yang kita pelajari itu sulit untuk kita fahami. Oleh karena itu, saya akan memberitahu cara – cara agar bisa belajar secara efektif :

1.      Merangkum pokok pembelajaran.
Kenapa kita harus merangkum pokok – pokok pembelajaran?? Karena jika sobat membaca 1 buku maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikannya. Ambillah intisari dari pelajaran terebut, disamping untuk memudahkan dalam belajar juga untuk memudahkan untuk mengingt materi pelajaran tersebut.

2.    

  Belajar dengan praktik.
Cara belajar ini juga membuat anda tidak mudah merasa bosan, merasa jenuh. Contoh pada pelajaran IPA pada saat ada tugas pengamatan,, jika tidak dilakukan dengan praktik tetapi kita teori terus maka kita mudah merasa bosan dan tidak faham dengan pengamatan yang sobat lakukan.

3.      Belajar dengan suasana yang nyaman sesuai dengan kehendak kita.
Yang perlu kita perhatikan dalam belajar efektif adalah bagaimana cara menciptakan suasana belajar itu senyaman mungkin. Ada banyak cara untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman, misal : belajar sambil mendengarkan musik, belajar di tempat yang hening, belajar di taman, di pinggir danau atau di tempat ber AC.

4.      Belajar rutin tapi jangan terlalu lama.
Dengan rutin belajar sobat akan mudah mengingat sesuatu yang sudah sobat pelajari. Yang perlu sobat lakukan adalah “rutin belajar” bukan “belajar terlalu lama”. Seperti belajar saat pagi 45 menit, siang 25 menit dan sore 50 menit, malam 1 jam. Cara seperti ini akan efektif karena pikiran selalu dalam keadaan rileks dari pada harus belajar terlalu lama.


Itulah tips – tips belajar secara efektif dari saya.. semoga bermanfaat bagi sobat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar